Aku Pun Sering Tertipu


Hari itu, Senin, 27 bulan Juli 2010. Kami semua para guru dan anak-anak di sekolah seperti biasa sholat zuhur bersama di mesjid.  Selesai sholat dan dzikir aku kemudian keluar dan turun. Namun sesaat kemudian, aku tertegun menyaksikan seorang bapak tua yang sedang di papah oleh beberapa anak2 murid untuk menuruni tangga mesjid. Sepertinya beliau kesulitan untuk menuruni tangga. Satu persatu beliau turun dengan perlahan. Aku lihat beliau agak meringis dan kelihatan seperti sedikit menangis. Tak tahu apakah beliau nangis menahan sakit atau yang lain. Atau  mungkin beliau pernah terkena stroke? dan berjalan tertatih tatih. Tak lupa setelah sampai di bawah beliau mengucapkan terimakasih sambil mengusap kepala anak-anak tersebut.

Sesaat aku tersadar dan teringat sebuah hadist Rasulullah SAW bahwa “manusia sering tertipu oleh dua hal, yaitu kesehatan dan waktu.”.Allahuakbar! Aku tersekat dan membathin bahwa mungkin suatu waktu nanti aku juga dan pasti akan mengalami hal yang sama seperti bapak tua itu. Ya Allah! Betapa bodohnya aku selama ini. Tak terasa air mataku menetes mengenang kejadian tersebut. Betapa aku merasa zhalim terhadap diriku dan Allah SWT dengan menyia-nyiakan nikmat waktu dan sehat yang telah di berikan oleh-Nya. Sadar atau tidak aku sering melakukan hal-hal semestinya bisa dimanfaatkan dengan hal-hal yang positif. Terutama untuk beribadah terhadap Allah SWT. Dan  setelah menyaksikan kejadian itu, hal tersebut terus terbayang dan membekas dalam ingatan. Apakah beliau waktu itu menangis karena tak mampu lagi berjalan ke mesjid untuk sholat? Atau mungkin teringat dengan dosa-dosa belaiu yang telah lalu? Atau masa mudanya yang tersia-sia? Hanya dia dan Allah SWT yang tahu.

Peristiwa itu merupakan pesan terbaik yang pernah aku saksikan. Walau sangat sederhana kejadian itu,  tapi  sangat mendalam artinya bagiku. Aku merasa sering tertipu karena terkadang masih lalai dan seri ng mengulur-ulur waktu untuk sholat . Aku sering tertipu karena kaki-kakiku ini ternyata  masih kuat untuk berjalan kemesjid. Padahal aku juga sanggup melakukan sholat malam jika aku usahakan, namun aku masih banyak tidurnya. Dan aku juga sanggup melakukan ibadah- ibadah lainya seperti membaca Al-qur’an, berdzikir, melakukan puasa sunnah dan juga sholat-sholat sunnah lainya, namun aku masih saja melakukan hal-hal yang sebenarnya tidak bermanfaat bagiku. Padahal aku tahu, akhirat sudah pasti menungguku di sana. Dan aku tak tahu kapan aku akan di panggil oleh-Nya. Dan aku tahu, waktuku dan sehatku selama di dunia pasti akan di pertanggung jawabkan disana kelak di padang mahsyar.  Di hari semua manusia sibuk dengan urusan mereka masing-masing.

Mulai sekarang, Ya Rabb!! aku tak ingin lagi menyia-nyiakan waktu hanya untuk duniaku saja, tetapi juga akan berusaha keras demi persiapan diriku untuk akhirat dan ingin sekali meraih syurgaMu . Aku tak ingin menunda-nunda sampai menjadi tua baru kemudian beribadah kepadaMu. Sungguh, aku yakin bahwa sangat banyak kebaikan-kebaikan yang bisa aku dapatkan  dengan banyak  beribadah kepadaMu Ya Rabb!. Tentunya dengan mencari tahu rahasia-rahasia tersebut dengan mengetahui ilmuMu. Terima kasih Ya Rabb, aku sudah di persaksikan dengan kejadian tersebut. Sebuah peringatan besar bagiku untuk selalu senantiasa beribadah kepadaMu. Semoga aku tak tertipu lagi dan tak ingin di tipu (oleh iblis, laknatullah!). Amin, Ya Robbal a’lamin!

Written by David Haris

About deftleon
Hi, I'm originally from Padang & I love to make friends. I was born in Bukitinggi, Sumatera Barat, Indonesia,(the country that I love most). I love Islam, Allah and Muhammad Salallahu Wa'alaihi Wassalam. Right now, I am working as English Teacher in a private senior high school in Bogor. And I enjoy it.

Leave a Reply

